- PILIH JKT48 ATAU SNH48 ? - ShareAboutJKT48

124

Berita Terbaru
Tuesday, February 4, 2014

PILIH JKT48 ATAU SNH48 ?

Mana Yang Lebih Baik, JKT48 Atau SNH48?

Sampai sekarang, AKB48 baru memiliki dua sister grup internasional aktif, mereka adalah JKT48 dan SNH48. Karena dua sister grup ini merupakan satu-satunya (atau dua) sister grup yang berada di luar kawasan Jepang dan 'hanya' mendapatkan lagu saduran, maka dua sister grup ini kerap sekali menjadi bahan perbandingan.

Ada beberapa hal lain yang bisa digunakan sebagai tolak ukur untuk membandingkan sister grup AKB48 luar Jepang mana yang bisa dikatakan lebih baik, setidaknya sampai saat ini.



Lagu dan MV (Music Video)

SNH48 - Flying Get


Sebagai artis yang menggunakan musik sebagai salah satu nilai jual dalam dunia industri, maka faktor lagu dan juga MV sebagai bahan  promosi bisa dikatakan menjadi salah satu sektor vital untuk menentukan bagus-tidaknya sebuah/sekelompok artis.

Dalam hal ini bisa dikatakan SNH48 sudah mengungguli JKT48. Pertama kita bedah dari segi lagu. Kalau di beberapa kesempatan awal (ketika para member JKT48 gen1 masih berstatus kekyuusei/trainee), beberapa lagu yang mereka bawakan terkesan 'dipaksakan'.


Dipaksakan ini bukan dari segi tata bahasa (meskipun di beberapa lagu awal JKT48 pemilihan katanya bisa dikatakan kurang baik), karena saya sendiri tidak paham bahasa Mandarin. Maka dari itu penilaian dalam hal tata bahasa jadi sedikit kurangfair.



Yang dimaksudkan SNH48 mengungguli adalah pihak SNH48 tidak memaksakan menggunakan bahasa Jepang --yang terkadang merupakan judul-- dalam lirik mereka, sedangkan pihak JKT48 di beberapa lagu awal mereka cenderung memaksakan agar para fans juga ikut menyanyikan beberapa bagian lagu --khususnya judul-- dalam bahasa Jepang.



Salah satu contoh adalah dalam lagu 'Ponytail to Shusu'. Dalam lagu milik JKT48 bagian lirik yang berbunyi "Poniiteru" yang berarti Ponytail --cara penyebutan orang Jepang/engrish-- sedangkan di versi SNH48 kita samasekali tidak mendengarkan ada kata "Ponytail" maupun "Shushu", sekalipun dalam engrish (lidah orang Jepang kala menyebutkan bahasa Inggris). Pihak SNH48 mengganti total liriknya dengan tetap menjaga maknanya tetap mirip/dekat dengan versi original-nya.



Karena SNH48 sudah melakukan ini sedari awal, maka semua lagunya bisa dikatakan 'bebas' dari tekanan harus berbahasa Jepang/engrish, berbeda dengan JKT48 yang masih memiliki beberapa lagu dengan kata engrish, meskipun dalam beberapa lagu barunya hal ini sudah sedikit dikurangi.



Selain itu dari segi kuantitas, SNH48 yang sudah memiliki lima MV (dan sebentar lagi akan rilis MV keenam 'Flying Get') bandingkan dengan JKT48 yang baru memiliki tiga MV.



International Member

Miyazawa Sae -- Aki Takajo


Untuk dua sister grup luar negeri ini, Aki-P 'memberikan' dua member senior dari AKB48 (yang mungkin) untuk bertindak sebagai mentor bagi para member baru. JKT48 mendapatkan Aki Takajo dan Nakagawa Haruka sedangkan SNH48 mendapatkan Miyazawa Sae dan Suzuki Mariya.



Dalam soal kontribusi, bisa dibilang JKT48 mendapatkan keuntungan. Aki Takajo yang merupakan anggota team A AKB48 ini kerap mendapatkan posisi sebagai centre di beberapa MV AKB48, hal ini menjadikan popularitasnya di Jepang bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik, yang juga mendongkrak posisi JKT48 di mata fans luar Indonesia (khususunya Jepang).



Selain itu peran Akichan dan Harugon juga sudah mulai terlihat dalam MV milik JKT48, dimana kedua member ini tampil di MV RIVER dan Harugon yang tampil di MV 'Yuuhi wa Miteiru ka?". Selain itu dalam beberapa fans event kedua member internasional ini juga kerap mendapatkan porsi yang lebih baik dari sudut pandang fans maupun promotor acara.



Bandingkan dengan keberadaaan Sae dan Mariya di SNH48, kedua member ini tampak kesulitan beradaptasi dengan suasana China. Hal ini didasari dari minimnya pemberitaan kedua member internasional ini dalam aktivitas SNH48, belum lagi mereka belum pernah tampil dalam MV milik SNH48.



Popularitas di Jepang



Hampir sama dengan poin di atas, dalam hal popularitas di negara asal AKB48 yaitu Jepang, popularitas JKT48 bisa dikatakan lebih mentereng ketimbang SNH48. Hal ini juga tidak bisa dilepaskan dari 'ketegangan' yang muncul antara fans idol Jepang dan China.



Berbeda dengan JKT48 yang lebih 'disambut' kehadirannya di Jepang, pembentukan SNH48 bisa dikatakan sedikit 'terganggu' karena kedua negara ini bisa dikatakan sebagai salah satu kiblat Asia dalam dunia idoling. Salah satu faktor yang membuat SNH48 agak kurang terkenal di Jepang.



Selain itu JKT48 juga diuntungkan karena dibentuk lebih cepat, mereka bisa ikut serta dalam beberapa konser akbar AKB48 dan sister grup Jepang lainnya. Paling terkenal tentu event ketika Budokan dimana penampilan live JKT48 saat membawakan lagu RIVER mendapatkan tanggapan positif dari para fans Jepang.



Kultur Negara 

Handshake event SNH48 yang tertib, bahkan seorang bocah bisa dengan aman bersalaman dengan member.


Dalam hal kultur negara, kita membicarakan tentang perilaku sang idol, fans dan juga staff dalam menjalankan bisnis. Hal ini 'dimenangkan' oleh SNH48 yang memang sudah terbiasa dengan dunia idoling, sehingga menjadikan para member SNH48, staff SNH48 dan para fans mereka terlihat lebih 'dewasa' ketimbang member, staff dan fans JKT48.



Industri musik China yang sudah lama menjalankan sistem idoling tentu berbeda dengan Indonesia yang bisa dikatakan mengalami shock-culture kala pertama kali mendapati ada 'aliran musik' idol grup dalam industri musik. Salah satu contoh kedewasaan SNH48 adalah ketiga elemen tersebut (member, staff, fans) bisa berkerja sama dengan  baik dalam pembuatan MV Flying Get, dimana pembuatan MV tersebut juga dibantu oleh para fans mereka.



Sedangkan JKT48? Well, sudah cukup banyak 'keburukan' yang dibuat ketiga elemen tersebut untuk mengatakan Indonesia masih belum dewasa dalam dunia idoling. Mulai dari pengunduran salah seorang member JKT48 yang terkesan malah menjelekkan JKT48 dan 'membuka aib JKT48', kerusuhan yang disebabkan para fans dibeberapa event JKT48 sampai di blacklist-nya JKT48 di beberapa stasiun radio atau acara musik karena hal yang bisa dikategorikan sebagai 'tindakan tidak profesional dan seenaknya sendiri'.



Theater
Star Dream Theater SNH48


Theater menjadi salah satu elemen penting dalam 48Family. Bagi 48Family, theater adalah rumah dimana mereka bisa berinteraksi dengan fans, tempat mereka melatih penampilan live mereka dan juga tempat mereka berlatih menjadi idol 48Family yang baik.



JKT48 bisa dikatakan cukup beruntung karena memiliki theater pribadi yang cukup cepat bisa digunakan setelah mereka melakukan debut di industri musik. Selain itu theater milik JKT48 bisa dikatakan selalu disesaki para fans yang ingin melihat penampilan idol mereka.



Sedangkan theater SNH48 memang baru aktif beroperasi awal Agustus 2013, namun theater mereka berbeda dengan theater JKT48, dan mungkin sister grup lainnya. Apabila JKT48 memiliki theater di FX, dalam hal ini di dalam gedung lain, pihak SNH48 membuatkan SNH48 gedung sendiri yang dinamakan Star Dream Theater yang pertama kali digunakan para calon gen2 SNH48 ketika audisi beberapa waktu yang lalu.



Star Dream Theater SNH48 memiliki tiga lantai yang memiliki fungsinya masing-masing, yaitu ;



  • Lantai bawah ada toko dan cafe dan beberapa sarana untuk digunakan. Ada juga area khusus bagi member SNH48 beristirahat.
  • Teater di lantai dua. ada 240 kursi dan 100 tempat untuk fans berdiri. Total bisa menampung 340 fans.
  • Atap akan jadi tempat event-event khusus dan juga tempat interaksi untuk fans.



Sekilas theater milik SNH48 bisa dikatakan lebih terencana dalam pembuatannya dibandingkan theater milik JKT48, namun fungsinya sebagai tempat interaksi langsung antara idola dan fans belum teruji, belum lagi SNH48 bukan satu-satunya idol grup di China.


-----------------------------------------------



Setelah membaca tulisan diatas, kalian bisa menambahkan melihat atau bahkan menambahkan opini sendiri (dalam kolom komentar), sejauh ini, sister grup luar Jepang mana kah yang lebih baik ' JKT48 atau SNH48?

Thank's To Farid Azroel

By : @Velodiest
Share Button

2 comments:

  1. Perasaan masih tenar Sae dr Akicha hahaha Sae hampir ada di smua single AKB kecuali single dr hasil janken turnamen, sedangkan Akicha jd center krna posisi under girl nya dan Sae kan senbatsu :))

    ReplyDelete
  2. Akicha jadi international member. wow keren (y)

    ReplyDelete

[MV] JKT48 - GINGHAM Check !