- Apa sih beda nya Idol Group sama Girlband ? - ShareAboutJKT48

124

Berita Terbaru
Wednesday, March 20, 2013

Apa sih beda nya Idol Group sama Girlband ?

SEGI AUDISI
Girlband: Banyak girlband yang membernya dipilih melalui audisi, tapi ada juga yang tidak perlu audisi (karena memang orang-orang terpilih). Saat audisi pun tidak disebutkan nanti nama girlbandnya akan bernama apa. Pokoknya begitu lulus audisi, mereka dilatih, dan begitu siap dengan singlenya, mereka baru akan muncul ke hadapan public. Sebagian dari mereka juga langsung merilis PV/MV.
Idol Group: Hampir semua member idol group dipilih melalui tahap audisi. Saat audisi pun mereka sudah tahu akan masuk ke dalam group yang bernama apa (misal: AKB48, Momusu, dsb yang nama groupnya sudah pasti). Begitu mereka lolos audisi, mereka sudah dikenalkan di public walaupun mereka belum punya single apalagi PV dan sejenisnya. Dan audisinya pun tidak diadakan hanya sekali seumur hidup idol group yang bersangkutan. Audisi bisa dilaksanakan berkali-kali dalam beberapa tahun.

SEGI KUALITAS

Girlband: Sudah dilatih secara matang sehingga saat mereka tampil di publik mereka sudah punya "bekal" yang komplit. Mulai dari vocal dan dance yang (harusnya) sudah rapih. Ga jarang juga mereka lipsync, siapa sih yang ngga ngos-ngosan nyanyi sambil nari jingkrak-jingkrak?
Idol Group: Saat pertama kali muncul, mungkin mereka masih "kurang sempurna". Memang benar sebagai public figure mereka dituntut untuk tampil sempurna. Namun inilah yang membuat Idol Group berbeda. Public bisa mengamati perkembangan mereka, mulai dari 0 sampai mereka sukses di kemudian hari. Kadang-kadang mereka juga lipsync, sama seperti girlband, pasti capek dong nyanyi sambil ngedance.

Jika dibandingkan mengenai segi kualitas diatas, rasanya masih abu-abu. Semua mulai dari 0, semua bisa kita lihat progressnya, semua bisa berantakan di awal kemunculannya.


SEGI KEEKSISAN

Girlband: Pada umumnya, girlband ini HANYA dituntut untuk nyanyi sambil ngedance. Namun belakangan (khususnya girlband Asia nih), mereka sering tampil jadi aktris juga di beberapa sinetron/dorama, bahkan ada yang dibikinkan film segala. Ada juga yang sudah punya acara TV sendiri, sehingga fans bisa terus-terusan mengikuti kegiatan mereka.
Idol Group: Sejarahnya, mereka dilatih untuk "mencapai" cita-cita mereka. Jadi idol bukan sekedar nyanyi dan ngedance, tapi juga akting, nge-MC, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan dunia entertainment. Mereka dilatih pelan-pelan agar bisa meraih mimpi utama mereka di kemudian hari. Idol ini juga banyak yang punya acara TV sendiri (secara idol hanya ada di Jepang, eh ada juga di Indonesia, baru satu).

SEGI PERATURAN

Girlband: Diperbolehkan pacaran. Dibolehkan pergi ke tempat manapun (saat waktu luang) tanpa ada pengawalan.
Idol Group: Umumnya tidak diperbolehkan pacaran. Kalo mau pergi ke tempat umum pun harus ada pengawalan, tidak boleh sendirian. Kalo soal ngga boleh ngerokok atau minum-minum itu peraturan umum yang ada di Jepang untuk mereka yang usianya dibawah 20 tahun.

Intinya Idol Group itu peraturannya lebih ketat dan lebih "neko neko" dibanding girlband.


SEGI KELULUSAN

Girlband: Setahu saya, tidak ada girlband yang menganut sistem graduate/lulus. Kalau ada member yang keluar pun itu tidak disebut "lulus", tapi ya "keluar". Dan UMUMNYA jika ada member yang keluar tidak ada penggantinya, mereka lebih memilih terus jalan dengan member tetap yang masih ada, ataupun kemudian memutuskan untuk bubar.
Idol Group: Mereka mengenal sistem graduate/lulus. Ada berbagai macam graduate, diantaranya: graduate karena memang member dianggap sudah "pantas" untuk solo karir alias berkarir tanpa embel-embel idol groupnya lagi ATAUPUN karena member sudah "melebihi" batas usia idol pada umumnya ATAUPUN karena mereka melanggar peraturan yang dibuat oleh boss (manager) mereka ATAUPUN karena memang keinginan mereka sendiri untuk keluar dari group. Biasanya, jika ada member yang graduate, akan ada penggantinya (bukan berarti member yang baru akan menggantikan posisi member yang keluar), yang tentu saja dipilih melalui audisi. Sistemnya lebih mirip "sekolah" sih ya, ada yang lulus, ada yang baru masuk 

SEGI LABEL/AGENCY

Girlband: Umumnya semua member bernaung dibawah agensi dan label yang sama, sehingga pundi-pundi yang mereka dapatkan pun sama rata hihi..
Idol Group: Member bernaung dibawah agensi yang berbeda dan bermacam-macam. Ada agensi yang sering-sering memberi pekerjaan pada member tertentu yang dianggap punya nilai jual "lebih" (misalnya tampil di TV sendiri tanpa groupnya, pemotretan majalah dsb) . Sehingga pendapatan member juga berbeda pula, tergantung banyak sedikitnya job yang mereka dapat.


Source: Kaskus.com
Share Button

3 comments:

  1. bener gan :) genbette ohaiyo jiketi48 keep soulmate, arigatou

    ReplyDelete
  2. Harusnya judulnya "Apa sih beda nya 48 Family sama Girlband ?"
    Secara, idol group gak selalu sama dengan 48 Family. Contoh aja Dempagumi.inc. Mereka girlband, tapi idol group (dari Jepang). Karena pada dasarnya idol group dan girlband itu sama. Hanya saja penyebutan di tiap daerah berbeda. Jika Korea menyebut Girlband, Jepang Idol Group, dan Amerika Vokal Group. Ada sekelompok orang yang bernyanyi bersama dan tak jarang disertai tarian. Sama kan?
    Kalo JKT48 di Indonesia dianggap girlband, di Jepang SNSD juga dianggap idol group.

    ReplyDelete

[MV] JKT48 - GINGHAM Check !